Kembali
Manfaat Sosial Media Bagi Rekrutasi Karyawan
Nineu Indah Kiani,
Posted on 27 Jul 21 10:19,
Tips
Manfaat Sosial Media Bagi Rekrutasi Karyawan
Manfaat media sosial tidak hanya berdampak kepada kehidupan sosial dari sisi personal tetapi juga sisi professional. Karena media sosial dapat mempermudah individu dalam berinteraksi satu sama lain, maka bukanlah sesuatu yang baru bagi manajemen human resource dalam melaksanakan aktivitas rekrutasi. Dengan pemanfaatan secara benar, media sosial dapat menjadi tools penting yang membantu proses pencarian dan perekrutan karyawan potensial untuk perusahaan.
Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan HR dalam memanfaatkan sosial media sebagai media rekrutasi karyawan:
1. Branding
Untuk menarik minat pelamar tentu perusahaan harus memiliki image yang baik di mata calon karyawan. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat akun atau channel khusus perusahaan anda. Bagikanlah info atau gambar tentang perusahaan yang bisa menggambarkan nilai ataupun keunikan dari perusahaan. Dan tidak lupa, perusahaan juga dapat membagikan kegiatan – kegiatan positif dan menarik yang diselenggarakan perusahaan untuk meningkatkan nilai perusahaan tersebut. Perusahaan juga bisa melibatkan karyawan untuk meningkatkan popularitas dan image perusahaan. Ajak karyawan untuk meramaikan akun sosial media perusahaan dengan cara follow ataupun menyukai setiap konten yang dibagikan akun perusahaan.
2. Advertising
Perusahaan bisa membagikan lowongan pekerjaan di berbagai media mulai dari Instagram, Facebook, LinkedIn, WhatsApp, Twitter ataupun portal perekrutan milik perusahaan dan portal berbayar. Kemudian karyawan dapat diajak untuk ikut membagikan vacancy tersebut. Mungkin saja karyawan memiliki teman ataupun kerabat yang cocok untuk posisi yang sedang dicari dan dengan referensi yang ada proses rekrutmen tentunya bisa terbantu. Selain dengan membuat iklan lowongan kerja melalui media sosial, perusahaan dapat memanfaatkan portal rekrutmen pada software HRMIS dengan feature Recruitment DOOR HR dalam membagikan lowongan kerja. Sebagai media perekrutan karyawan, rekrutmen juga memberikan kemudahan proses perekrutan melalui integrasi dengan data HR.
3. Screening
Selain sebagai sarana bagi perusahaan untuk meningkatkan brand perusahaan dan membuat iklan lowongan kerja (vacancy), media sosial juga bisa digunakan untuk membantu process screening data calon karyawan. Tim rekrutmen dapat melakukan penilaian serta dapat menjadi salah satu syarat pengambilan keputusan dengan menentukan terlebih dahulu parameter apa saja yang akan dinilai dari akun media sosial calon karyawan atau pelamar.